AMH 2022, Bentuk Apresiasi Terhadap Keberhasilan Komunikasi Publik dan Dukungan Humas
Sleman– Penyelenggaraan malam Anugerah Media Humas (AMH) 2022 yang mengusung tema Semangat Humas untuk Indonesia Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat, merupakan bentuk pemberian apresiasi terhadap keberhasilan komunikasi publik dan dukungan hubungan masyarakat kementerian dan lembaga, pemerintah daerah serta BUMN dan perguruan tinggi dalam menyukseskan penyelenggaraan Presidensi G20 Indonesia yang berakhir pada pekan lalu.
“Malam Anugerah Media Humas 2022 itu sebagai bentuk apresiasi atas hasil kerja pemerintah utamanya terkait dengan komunikasi publik perhelatan Presidensi G20 (Indonesia),” ujar Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika Usman Kansong, dalam acara Malam Anugerah Media Humas 2022 di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Kamis (24/11/2022).
Dirjen IKP Usman mengatakan, setiap tahun Kementerian Kominfo selalu membuat tema AMH dengan penekanan penekanan pada tema-tema tertentu. Untuk tahun depan, Kementerian Kominfo membuka usulan atau saran tema AMH dari berbagai pihak, khususnya jajaran humas pemerintah, pemerintah daerah, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dan Perguruan Tinggi Negeri.
“(Tema AMH 2022) itu sebetulnya gagasan salah satu juri. Apakah tahun depan kita penekanannya komunikasi publik atau kehumasan untuk menyambut Pemilu 2024 misalnya, itu bisa juga nanti coba kita bikin mekanisme penjaringan pendapat apa tema AMH tahun depan,” kata Usman.
Menurut Dirjen IKP Usman, penyelenggaraan malam AMH 2022 dilakukan secara luring dan daring yang dihadiri sekitar 500 insan humas pemerintah. Selain penghargaan kepada insan humas pemerintah, katanya, AMH 2022 juga memberikan apresiasi kepada penyuluh informasi publik berkinerja baik.
“Khususnya (penyuluh) di wilayah terpencil, tertinggal dan terdepan (3T) dan daerah yang masih memerlukan penyampaian informasi secara tatap muka,” imbuhnya.
Dirjen Usman Kansong memastikan para juri AMH bertindak obyektif dalam melakukan penilaian kepada seluruh humas pemerintah dan tidak dipengaruhi oleh kepentingan instansi manapun. Untuk memastikan obyektivitas juri AMH, Kementerian Kominfo tidak mempublikasikan identitas para juri yang terdiri atas para pimpinan media massa dan profesional di bidangnya.
“Tim juri Anugerah Media Humas 2022 itu memang sengaja kita tidak publikasikan, kita sembunyikan dulu baru malamannya kita tampilkan. Jadi kalau ada hal-hal yang tidak berkenan inilah saatnya mengajukan kepada mereka, tetapi seperti biasa keputusan juri tidak bisa diganggu gugat,” tandasnya.
Penghargaan AMH 2022 diberikan kepada enam kategori, yakni media sosial, siaran pers, website, kampanye komunikasi publik, majalah internal, dan media audio visual. Selain itu juga ada dua penghargaan khusus yakni juara umum dan penghargaan untuk Penyuluh Informasi Publik (PIP). (kominfo.go.id)
Berikut daftar lengkap pemenang AMH 2022:
Kategori Siaran pers Media Online
Kelompok 1: Kementerian/Lembaga, BUMN, BUMD dan Peguruan Tinggi Negeri
Juara 1: Kementerian Keuangan
Juara 2: Universitas Indonesia
Juara 3: PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk
Kelompok 2 Pemerintah Provinsi (Pemprov)
Juara 1: Pemprov Jawa Barat
Juara 2: Pemprov DIY
Juara 3: Pemprov Gorontalo
Kelompok 3 Pemerintah Kabupaten/ Kota
Juara 1: Pemkot DIY
Juara 2: Pemkot Malang
Juara 3: Pemkab Garut
Kategori Media Sosial
Kelompok 1
Juara 1: Kemenkeu
Juara 2: PT Pertamina (Persero)
Juara 3: Universitas Gajah Mada
Kelompok 2
Juara 1: Pemprov Kep Babel
Juara 2: Pemprov DKI Jakarta
Juara 3: Pemprov DIY
Kelompok 3
Juara 1: Pemkab Sumedang
Juara 2: PemKot Bandung
Juara 3: Pemkab Tana Tidung
Kategori Penerbitan Media Internal
Kelompok 1
Juara 1: Kementerian Kelautan dan Perikanan
Juara 2: Badan Pemeriksa Keuangan
Juara 3: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Kemendikbudristek
Kelompok 2
Juara 1: Pemprov Jawa Timur
Juara 2: Pemprov DIY
Juara 3: Pemprov Jawa Timur
Kelompok 3.
Juara 1: Pemkot Badung
Juara 2: Pemkab Buleleng
Juara 3: Pemkab Dairi
Kategori Kampanye Komunikasi Publik
Kelompok 1
Juara 1: Kementerian Keuangan
Juara 2: Kementerian Pertanian
Juara 3: Kementerian Tenaga Kerja
Kelompok 2
Juara 1: Pemprov DKI Jakarta
Juara 2: Pemprov DIY
Juara 3: Pemprov Jawa Barat
Kelompok 3
Juara 1: Pemkot Malang
Juara 2: Pemkot Tangerang
Juara 3: Pemkot Gowa
Kategori Website
Kelompok 1
Juara 1: Sekretariat Kabinet
Juara 2: Kementerian Sekretaris Negara
Juara 3: PT Telkom Indonesia (Persero0 Tbk
Kelompok 2
Juara 1: Pemprov DKI Jakarta
Juara 2: Pemprov Jawa Timur
Juara 3: Pemprov Jawa Barat
Kelompok 3
Juara 1: Pemkot Yogyakarta
Juara 2: Pemkot Malang
Juara 3: Pemkab Tuban
Kategori Media Audio Visual
Kelompok 1
Juara 1: Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian
Juara 2: Kementerian Sekretaris Negara
Juara 3: PT Pertamina (persero)
Kelompok 2
Juara 1: Pemprov DKI Jakarta
Juara 2: Pemprov Kepulauan Riau
Juara 3: Pemprov Jawa Barat
Kelompok 3
Juara 1: Pemkot Malang
Juara 2: Pemkab Sumedang
Juara 3: Pemkab Boven Digoel
Kategori Juara Umum AMH 2022
Provinsi DKI Jakarta