Pembangunan

Terbaik Pengelolaan Administrasi ZIS, BAZNAS Kaltim Terus Maksimalkan Kinerja dan SDM

  •   Nichita Heryananda Putri
  •   17 Oktober 2022
  •   11:39am
  •   Pembangunan
  •   673 kali dilihat

Samarinda - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI telah menetapkan BAZNAS Kaltim dan memenuhi indikator sebagai pengelola administrasi Zakat, Infaq dan Shadaqah (ZIS) terbaik nomor satu se-Indonesia.

Sebagai lembaga resmi non struktural pemerintah, Ketua BAZNAS Kaltim H. Ahmad Nabhan mengaku terus melakukan pembenahan dengan memaksimalkan kinerja di daerah. Berbagai pelatihan juga dilaksanakan guna meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di Provinsi maupun Kabupaten/Kota. Selain itu, pelatihan aplikasi Sistem Manajemen Informasi BAZNAS (SiMBA) guna memudahkan pelaksana dalam mengoperasikan aplikasi tersebut.

“Untuk fasilitas di BAZNAS Provinsi Ahamdulillaah gedung sudah bagus, sebagian prasarana juga sudah dibantu pemerintah. Memang kita masih ada kekurangan tapi kita terus meningkatkan kinerja, seperti mengikuti pelatihan atau mendatangkan pelatih. Ada juga pelatihan SiMBA bagi para pelaksana, harapannya kedepan tidak ada penyaluran dan penerimaan zakat menggunakan kuitansi manual. Kita harap semua pakai aplikasi SiMBA. Sehingga kapanpun kita mau buka bisa kapan dan dimana saja,” urai Ketua BAZNAS Kaltim.

Sementara itu, Direktur Inovasi dan Teknologi Informasi BAZNAS RI Achmad Setio Adi menyampaikan BAZNAS Kaltim saat ini dianggap pengelolaan administrasi Zakat terbaik setelah melakukan laporan, penghimpunan maupun pendistribusian dari para Muzakki terhadap Mustahik secara digitalisasi melalui SiMBA secara tertib, efisen, transparansi dan efisien sehingga bisa diakses dimana dan siapa saja.

“Alhamdulillah saat ini Kaltim menjadi satu-satunya BAZNAS memiliki grade A yang terbaik. Meskipun kalau dilihat secara rincian perlu ada  perbaikan, tapi secara umum sudah menempati posisi tertinggi diantara Provinsi lainya. Kita berharap di provinsi lain juga bisa meniru seperti Kaltim agar penggunaan SiMBA semakin baik. Artinya kita bisa melayani Muzakki dan Mustahik dengan baik secara efektif, efisen, transparan dan professional,” terangnya saat menghadiri Rakorda BAZNAS baru-baru ini.

 

Sumber: globalsatu