Berita

Welcome Dinner Sambut Peserta Rakernas ASKOMPSI 2024

  •   Khajjar Rohmah
  •   22 Februari 2024
  •   12:42am
  •   Berita
  •   324 kali dilihat

Majalengka - Hari pertama pelaksanaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Dewan Pengurus Asosiasi Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Seluruh Indonesia (ASKOMPSI) 2024 dimulai. Para peserta dari perwakilan Diskominfo se-Indonesia disambut dengan welcome dinner oleh panitia penyelenggara di Hotel Horison Ultima Kertajati, Rabu (21/2/2024) malam.

Ketua ASKOMPSI, Muhammad Faisal nampak menyambut satu per satu seluruh peserta yang hadir. Salah satunya adalah Koordinator Substansi Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian, Direktorat Sinkronisasi Urusan Pemerintahan Daerah II, Ditjen Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Ucup Hidayat. Serta jajaran kepala Dinas Kominfo, perwakilan pihak sponsor, dan seluruh undangan.

Para peserta juga disuguhkan tarian robotik persembahan dari tuan rumah, Diskominfo Provinsi Jawa Barat.

Dalam kesempatan itu, Direktur eksekutif ASKOMPSI Eddy Santoso menyampaikan sambutan selamat datang kepada para peserta. Ia berharap, ASKOMPSI sebagai asosiasi kedinasan dapat terus menjaga eksistensinya di tanah air.

"ASKOMPSI ini diinisiasi pada tahun 2015 di Surabaya. Saya ketua pertama. Lalu bergulir terus, sampai ketua sekarang Pak Faisal. Alhamdulillah, eksistensi kita sangat dilihat baik oleh pusat maupun provinsi," ujar Eddy.

Di tempat yang sama, Sekretaris Diskominfo Jabar, Agi Agung Galuh menjelaskan, dipilihnya Majalengka sebagai lokasi kegiatan Rakernas ASKOMPSI adalah untuk mempromosikan kabupaten di daerah timur Jawa Barat ini. Terlebih dengan hadirnya Bandara International Kertajati yang menjadi kebanggaan baru bagi warga Tanah Pasundan.

"Sekarang sudah ada bandara baru Kertajati. Pak Pj mau ini disounding seluas-luasnya sebagai satu-satunya bandara internasional di Jabar. Jadi sekarang penyelenggaraan eksibisi dan event itu mayoritas di wilayah timur Jawa Barat. Termasuk Majalengka," terangnya.

Welcome Dinner Rakernas ASKOMPSI ditutup dengan pemaparan dari Solution Architect Elitery, Adhitya Rangga Putra terkait implementasi perlindungan data pribadi dari serangan siber dan sosialisasi Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi (PDP).

Rakernas ASKOMPSI digelar selama tiga hari, pada 21-23 Februari 2024. Kegiatan akan dilanjutkan pada esok pagi dengan berbagai seminar dari Kemendagri, Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Kementerian PAN-RB, dan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas). (KRV/pt)