Berita

Upacara Peringatan Hari Bhakti Postel ke-79 di Samarinda

  •   Hendra Saputra
  •   27 September 2024
  •   12:04pm
  •   Berita
  •   135 kali dilihat

Samarinda – Balai Monitor Spektrum Frekuensi (Balmon SFR) Radio Kelas I Samarinda menggelar upacara peringatan Hari Bhakti Postel (HBP) ke-79 tahun 2024 pada Jumat, 27 September 2024. Upacara berlangsung di kantor Balmon SFR dengan dihadiri berbagai perwakilan dari instansi terkait.

Tanggal 27 September diperingati sebagai Hari Bhakti Postel, yang dirayakan setiap tahun oleh komunitas komunikasi dan informatika, termasuk pemerintah, penyelenggara, dan pegiat lainnya.

Kepala Balmon SFR, Warko, dalam sambutannya yang membacakan pesan dari Menteri Komunikasi dan Informatika RI, mengungkapkan bahwa peringatan HBP bukan sekadar perayaan simbolis, tetapi mengandung makna historis yang mendalam. "Pada tanggal 27 September 1945, Angkatan Muda Pos Telegrap dan Telefon (AMPTT) berhasil mengembalikan Jawatan PTT ke pangkuan Ibu Pertiwi. Keberhasilan ini menunjukkan pentingnya kebulatan tekad, daya juang, dan semangat gotong-royong," ujarnya.

Warko juga menekankan tema tahun ini, "Nusantara Digital untuk Indonesia Maju." Ia menyerukan agar setiap individu berinovasi dan berkontribusi untuk mempercepat transformasi digital di seluruh sektor. “Api semangat juang kita harus tetap membara, terutama dalam mengakselerasi agenda transformasi digital,” tambahnya.

Selama beberapa tahun terakhir, sektor pos telekomunikasi dan penyiaran di Indonesia mengalami kemajuan yang signifikan. Pada tahun 2022, jumlah kantor pos mencapai 16.984 titik, dengan jangkauan layanan hampir 100% di kota dan kabupaten, serta menjangkau 940 lokasi terpencil.

Dalam upaya pemerataan jaringan internet, telah dilakukan pembangunan infrastruktur telekomunikasi di tiga tingkatan: tulang punggung (backbone), middle-mile, dan last-mile. Jaringan kabel serat optik Palapa Ring telah mencapai utilisasi 766 Gbps, sementara peluncuran satelit SATRIA-1 dan pembangunan 6.665 Base Transceiver Station (BTS) di desa-desa mendukung akses internet nasional yang kini mencapai 18.697 lokasi.

Peningkatan penyiaran digital juga terus dilakukan melalui pelaksanaan Analog Switch-Off (ASO), yang telah menjangkau 76,44% penduduk Indonesia sejak 2019 hingga akhir 2023.

“Marilah kita menjadikan peringatan Hari Bhakti Postel ini sebagai momen untuk merayakan pencapaian dan memperkuat komitmen dalam menyebarkan informasi yang berkualitas demi mewujudkan Indonesia Emas 2045,” tutup Warko.

Upacara dihadiri oleh perwakilan dari RRI Samarinda, KPID Kaltim, Telkom, dan APJII.