Berita

Tingkatkan Harmonis, BPSDM Adakan Bimtek Jafung Pranata Humas

  •   Leliyana Andriyani
  •   6 September 2021
  •   5:23pm
  •   Berita
  •   239 kali dilihat

Samarinda - BPSDM Provinsi Kaltim bekerjasama dengan Dinas Kominfo Provinsi Kaltim (Seksi Pelayanan Informasi dan Penguatan Kapasitas Sumber Daya Komunikasi Publik) akan menyelenggarakan kegiatan Bimtek Jafung bagi para Pranata Humas pada tanggal 7-9 September 2021 di Hotel Mercure Samarinda.

Hal tersebut dijelaskan Fitriansyah selaku Kepala Bidang Pengembangan Kompetensi Manajerial dan Fungsional, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Prov. Kaltim bahwa secara umum tujuan yang ingin dicapai dalam bimtek ini adalah untuk membekali para peserta (para Jafung Pranata Humas) dengan pemahaman dan keterampilan yang komprehensif kehumasan, terutama terkait jurnalistik dan media konten sebagai bagian dalam pelayanan informasi kepada masyarakat dan/atau pihak terkait lainnya.

"Jabatan Fungsional Pranata Humas memiliki kewajiban untuk mengelola dan memberikan pelayanan informasi dan kehumasan mulai dari perencanaan, pelayanan informasi, mengelola hubungan internal dan eksternal, audit komunikasi kehumasan dan upaya pengembangannya,"jelas Fitriansyah.

Ditambahkannya melalui Bimbingan Teknis ini pula seorang Pranata Humas diharapkan dapat meningkatkan hubungan yang harmonis antara lembaga yang ada dengan masyarakat.

Adapun materi yang akan diberikan selama 3 hari tersebut yaitu Dasar-dasar Ilmu Komunikasi, Government Public Relation, Opini Publik, Etika Kehumasan, Media Relation, Public Relation Digital, dan Manajemen Isu Krisis. Tidak hanya teoritis, kurikulum dalam Bimtek ini juga terdapat praktik untuk pengelolaan jurnalistik dan konten media.

Kegiatan ini akan diikuti oleh para pejabat fungsional Pranata Humas dan para PNS yang mengelola bidang Kehumasan di beberapa OPD dilingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur. (LA)