Berita

Roadshow Posbindu PTM di Diskominfo Kaltim, Deteksi Dini dan Ajak Terapkan Pola Hidup Sehat

  •   Ceppy
  •   27 Agustus 2024
  •   1:04pm
  •   Berita
  •   257 kali dilihat

Samarinda – Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) Penyakit Tidak Menular (PTM) di ruang lingkup Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Timur resmi diaktifkan, Selasa (27/08/2024).


Posbindu ini merupakan bagian dari upaya pemerintah melalui Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim yang menyasar seluruh Perangkat Daerah Kaltim dalam rangka meningkatkan kesadaran akan pentingnya deteksi dini dan penerapan pola hidup sehat.

Analis Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim, Erwin Nirsyahram mengatakan peluncuran Posbindu PTM ini juga bertujuan untuk memfasilitasi deteksi awal berbagai penyakit tidak menular yang seringkali tidak menunjukkan gejala pada tahap awal, seperti diabetes, hipertensi dan penyakit kardiovaskular.

“Dengan adanya Posbindu, diharapkan seluruh pegawai dapat memeriksakan kesehatan mereka secara rutin dan mendapatkan informasi serta saran yang tepat untuk menjaga kesehatan,” ujar Erwin.

Sejumlah alat kesehatan pun diberikan secara simbolis guna menunjang aktivitas pelayanan kesehatan di kantor Diskominfo Kaltim yang berlokasi di Jalan Basuki Rahmat Samarinda ini.

“Ada alat tensimeter digital, alat pengukur gula darah, alat pengukur kolesterol, timbangan, pengukur tinggi badan, serta pengukur lingkar perut/pita meteran (Posbindu Kit). Kami pun sudah mengkader satuan tugas kesehatan di tiap Perangkat Daerah jadi diharapkan dapat membantu kami dalam pelaksanaan bulanan di kantor masing-masing,” imbuhnya.

Sebanyak 30 PD di Pemprov Kaltim mengaktifkan Posbindu di kantornya masing-masing. Adanya Posbindu PTM, tidak hanya meningkatkan kesadaran akan kesehatan di lingkungan kantor, tetapi juga bisa memotivasi seluruh pegawai untuk lebih aktif dalam menjaga kesehatan mereka, dan pada gilirannya, menciptakan lingkungan kerja yang lebih sehat dan produktif.

“Kita berharap kepada teman-teman semua di Diskominfo Kaltim dengan adanya Posbindu PTM semoga bisa membantu kita memantau kesehatan sehingga kita bisa memanage serta dapat menerapkan pola hidup sehat,” ungkap Kepala Bidang IKP dan Kehumasan Diskominfo Irene Yuriantini.

 

Peluncuran Posbindu PTM ini menandai upaya peningkatan dalam kualitas hidup serta penurunan angka kejadian penyakit tidak menular di Kalimantan Timur. Posbindu PTM diharapkan tidak hanya berfungsi sebagai pusat deteksi dini, tetapi juga sebagai agen perubahan dalam pola pikir dan gaya hidup masyarakat, agar kesehatan tetap menjadi prioritas utama bagi semua. (cpy/pt)

Foto : Adding