Berita

Program PKK Diharap Bisa Terus Sinergi dengan PD Terkait

  •   Nichita Heryananda Putri
  •   21 Februari 2024
  •   4:28pm
  •   Berita
  •   316 kali dilihat

 

Bontang - Sinergi program kerja Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) dengan Perangkat Daerah (PD) sangat diperlukan untuk memperkuat PKK. Karena PD dapat berperan pada implementasi 10 Program Utama PKK, dalam bentuk kegiatan sinergi yang dapat menumbuhkan komunitas yang ada di Kaltim.

Pj Ketua TP PKK Kaltim dr. Yulia Zubir Akmal Malik menuturkan, sebagai mitra kerja pemerintah, PKK diminta dapat selalu bersinergi menciptakan keselarasan antara program yang dicanangkan dengan program pembangunan oleh pemerintah.

"Program kerja PKK sangat besar, melibatkan lintas OPD, sehingga sinergi yang kita lakukan sangat diperlukan. Peran PKK sangat dibutuhkan dalam rangka mencapai tujuan pembangunan. Maka perlu sinergi yang terjalin, baik dengan perangkat daerah maupun organisasi lainnya," tuturnya masih dalam rangkaian Kunjungan Kerja ke Kota Bontang, Rabu (21/2/2024).

PKK, lanjutnya, perlu memahami berbagai program unggulan dan prioritas yang dimiliki pemerintah daerah. Melalui pemahaman itu, maka dapat memetakan pelaksanaan 10 program pokok yang diemban PKK. Selain itu, program kerja juga perlu disusun sesuai dengan potensi yang dimiliki daerahnya masing-masing.

Wanita yang menjadi Ketua Pokja II TP PKK Pusat ini juga mengatakan, pelaksanaan pembinaan perlu diadakan agar PKK lebih berdaya guna sehingga memiliki peran nyata dalam keluarga, masyarakat dan lingkungan. Oleh karena itu, dirinya meminta anggota PKK terus meningkatkan peran nyata di masyarakat.

"Terus bergerak meningkatkan peran nyata di masyarakat. Saya yakin PKK dengan perannya akan mampu membantu pemerintah daerah terkait isu-isu strategis seperti stunting, kesehatan, dan lainnya," ungkap Yulia. (cht/pt)