Berita

Presiden Jokowi Akan Sampaikan Dua Pidato Penting Jelang HUT ke-79 RI di Gedung Nusantara

  •   Ceppy
  •   16 Agustus 2024
  •   11:10am
  •   Berita
  •   20510 kali dilihat

Jakarta - Presiden RI Joko Widodo dijadwalkan akan menyampaikan dua pidato penting pada Jumat, 16 Agustus 2024, di Gedung Nusantara MPR/DPR/DPD RI, Senayan, Jakarta. Tradisi ini rutin dilaksanakan setiap tahun menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-79.

Menurut informasi yang dihimpun dari laman setkab.go.id, Jumat (16/8/2024), pidato pertama Presiden Jokowi akan berlangsung pada Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI yang dijadwalkan dimulai sekitar pukul 09.00 WIB.

Sidang tersebut akan dibuka oleh Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo, dan dilanjutkan dengan Pidato Pengantar Sidang Bersama oleh Ketua DPR RI, Puan Maharani. Dalam kesempatan ini, Presiden Jokowi akan menyampaikan Laporan Kinerja Lembaga-Lembaga Negara serta Pidato Kenegaraan dalam rangka HUT ke-79 Kemerdekaan RI.

Selanjutnya, pada pukul 13.00 WIB, Presiden Jokowi akan menyampaikan pidato kedua pada Sidang Paripurna Pembukaan Masa Persidangan I DPR RI Tahun Sidang 2024-2025. Pidato ini akan difokuskan pada Penyampaian Rancangan Undang-Undang (RUU) Tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun Anggaran 2025 beserta Nota Keuangan dan Dokumen Pendukung lainnya.

Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo, memastikan bahwa persiapan Sidang Tahunan MPR RI 2024 telah berjalan lancar. Sidang ini tidak hanya menjadi forum untuk menegakkan kedaulatan rakyat dan mengembangkan demokrasi, tetapi juga untuk menumbuhkan kepercayaan masyarakat terhadap lembaga-lembaga negara.

"Sidang Tahunan MPR tahun ini adalah yang terakhir bagi MPR masa jabatan 2019-2024," ujar Bambang Soesatyo pada Kamis (15/8/2024) seperti dikutip dari laman MPR RI.

Sidang tersebut akan dihadiri oleh sekitar 2.022 undangan, termasuk 1.222 undangan di dalam Gedung Nusantara dan 800 tamu di area plaza Gedung Nusantara IV Kompleks Gedung DPR/MPR/DPD.

Sebagai penutup rangkaian acara, pada pukul 00.00 WITA tanggal 17 Agustus 2024, Presiden Jokowi juga dijadwalkan melaksanakan Apel Kehormatan dan Renungan Suci (AKRS) di Taman Kusuma Bangsa, Ibu Kota Nusantara, Provinsi Kalimantan Timur.

Dengan agenda penting ini, Presiden Jokowi diharapkan dapat memberikan arahan serta inspirasi yang kuat untuk menghadapi tahun mendatang, terutama dalam upaya menjaga dan membangun Indonesia yang lebih baik. (cpy/pt)

Sumber: Sekretariat Kabinet Republik Indonesia