Berita

Perkembangan Startup Di Kaltim Untuk Menuju IKN

  •   Bagus Setiawan
  •   10 April 2023
  •   8:32am
  •   Berita
  •   758 kali dilihat

Samarinda -Teknologi Digital saat ini sudah menjadi bagian kehidupan sehari-hari dan mempermudah manusia dalam melakukan pekerjaan, edukasi hingga perekonomian. Sudah banyak perusahaan Start up yang membuat Web dan Aplikasi yang membantu kebutuhan masyarakat saat ini.

Menurut Pranata Komputer Ahli Muda, Dinas Komunikasi dan Informatika Kalimantan Timur Fahmi Asa mengatakan, perkembangan Start up Kalimantan Timur sudah sangat menjanjikan di berbagai bidang, apa lagi menghadapi IKN.

"Pemerintah melalui Kominfo dengan program seribu Start up mendorong perusahaan yang bergerak di bidang Informasi dan Teknologi untuk ikut andil dalam program yang di butuhkan Pemerintah. Dengan mengikuti program seribu aplikasi tersebut, perusahaan Start up bisa dapat income dari proyek yang dikerjakan sambil mengembangkan ide ke depannya" ujar Fahmi saat talkshow di TVRI Kaltim (10/4) .

Fahmi juga menambahkan peran pemerintah dunia digital start up juga mengadakan pelatihan dan seleksi pembuatan start up, hingga sampai bertemu langsung dengan investor, seperti start up di Balikpapan Bidfish.id lelang ikan online yang sudah mendapatkan profit hingga sekarang.

Diakhir perbincangan mengenai Startup di Kaltim, Fahmi berpesan untuk penggiat start up agar lebih berkembang harus di imbangi dengan jaringan networking yang luas dan harus bisa berkolaborasi di segala bidang.

"Start up tidak bisa berdiri sendiri, pentingnya ada kolaborasi dan jaringan networking, seperti ide bisnis yang di kembangkan lalu bidang IT lah yang membantu menjadi aplikasi penjualan" tukas pria berkacamata.

Di Kaltim sendiri anak muda sudah mulai merambah dunia startup, dikarenakan 80 persen perputaran uang ada di pulau jawa star up seperti Gojek, Tokopedia dan lain-lain, maka dengan adanya IKN Kaltim bisa membalik keadaan dan bisa jadi peluang besar bagi perkembangan start up. (Bgs/ty)