Berita

Penyusunan Rencana Tindak Agen Perubahan, Diskominfo Kaltim Siapkan 5 Program Inovasi Tahun Ini

  •   Sefty Wulandari
  •   21 Februari 2023
  •   9:38pm
  •   Berita
  •   451 kali dilihat

Penyusunan Rencana Tindak Agen Perubahan, Diskominfo Kaltim Siapkan 5 Program Inovasi Tahun Ini

Balikpapan – Sebagai agen perubahan, seluruh Perangkat Daerah (PD) di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) membuat berbagai inovasi perubahan dalam rangka menggerakkan pemerintahan yang inovatif serta dapat mengubah pola pikir dan budaya kerja yang profesional di lingkungan pemprov Kaltim.

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Kaltim tentunya turut ambil andil sebagai agen perubahan di Bumi Etam. Kepala Diskominfo Kaltim Muhammad Faisal beserta jajaran hadir langsung dalam kegiatan Assessment dan Pendampingan Penyusunan Rencana Tindak Agen Perubahan oleh Pemprov Kaltim melalui Biro Organisasi Setdaprov Kaltim. Agenda ini diikuti sebanyak 155 peserta dan digelar di Grand Jatra Hotel Balikpapan, Selasa (21/2)

Faisal mengapresiasi adanya kegiatan ini. Menurutnya, melalui kegiatan pendampingan ini, seluruh PD dapat merapikan perencanaan inovasi dan perubahan yang ingin dijalankan kedepannya. Dengan berbagai saran dan masukan yang diberikan, setiap PD dapat menyempurnakan perencanaannya.

“Bagus sekali, saya sangat mengapresiasi. Dari kegiatan ini kita dapat lebih merapikan kembali mulai dari sasaran, tujuan, hingga target kegiatan sehingga semua bisa maksimal, sesuai, dan tercapai. Dan pastinya bisa in-line lah seluruhnya,” ungkap Faisal.

Pria berkacamata itu pun turut menjelaskan, sebagai agen perubahan, dirinya tengah fokus menggarap projek Satu Data Kaltim yang merupakan platform berisi seluruh data yang terintegrasi dan disajikan dalam One Map One Data. Inovasi ini bertujuan sebagai penguatan informasi agar pemerintah daerah dapat mengimplementasikan kebijakan berbasis data, serta dapat mengakses dengan lebih mudah.

“Tidak hanya pemerintah dalam hal ini pimpinan saja yang nantinya akan dapat merasakan manfaatnya. Masyarakat tentunya juga, melalui Open Data Kaltim yang sifatnya bebas diakses publik,” sambungnya.

Tak berhenti disitu, 4 (empat) bidang yang ada di Diskominfo Kaltim juga turut mengambil peran. Mulai dari Bidang Statistik dengan Inovasi Portal Satu Data yang akan mendukung Satu Data Kaltim. Kemudian Bidang TIK yang menargetkan seluruh PD di Kaltim dapat terhubung pada jaringan fiber optic untuk efektivitas dan efisiensi pertukaran data, Inovasi Aplikasi SIMAIN dari Bidang Aptika, dan tak ketinggalan optimalisasi desiminasi informasi terutama di media sosial melalui 3 (tiga) program Podcast di antaranya Ngopi Sore, Parlementaria, dan Gerakan Anti Hoax yang dijalankan oleh Bidang IKP dan Kehumasan Diskominfo Kaltim.

“Lima inovasi perubahan dari Diskominfo Kaltim siap hadir di tahun ini. Semoga semua lancar dan dapat berjalan sesuai dengan target yang kita inginkan,” tutupnya. (sef/pt)