Berita

Momentum HUT Kota Samarinda, Andi Harun Komitmen Atasi Banjir

  •   Khajjar Rohmah
  •   21 Januari 2023
  •   10:01am
  •   Berita
  •   478 kali dilihat

Samarinda – Wali Kota Samarinda, Andi Harun memimpin langsung Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 355 Kota Samarinda dan HUT ke 63 Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda Tahun 2023. Pelaksanaan upacara dihelat di halaman parkir GOR Segiri Samarinda, Sabtu (21/1/2023).

“Semoga di usia yang terbilang sangat matang ini, akan lebih memacu diri untuk mengembangkan berbagai potensi dari segala sektor dengan selalu bersinergi antara pemerintah, Forkopimda dan juga stakeholder lainnya guna mewujudkan Samarinda sebagai kota peradaban,” ucap Andi Harun saat menjadi Inspektur Upacara (Irup).

Andi Harun menyampaikan hal yang patut disyukuri bahwa pengembangan dan pembangunan kota Samarinda dari masa ke masa terus mengalami kemajuan. Menurutnya berbagai capaian-capaian penghargaan yang diraih, kiranya cukup untuk menggambarkan seberapa besar potensi dan kondisi daerah.

Ia menyebutkan ada tiga poin besar yang menjadi komitmen Pemkot Samarinda sejak dirinya bersama Wakil Wali Kota Dr Rusmadi diberi amanat tanggal 26 Februari 2021. Di antaranya adalah pengendalian banjir.

“Pengendalian banjir adalah program yang super prioritas, sehingga APBD kota Samarinda akan diarahkan secara maksimal untuk program pengendalian banjir secara bertahap dari tahun ke tahun. Dengan rendah hati, kami ingin menyampaikan kepada seluruh masyarakat, sejak tahun 2021, yang dimaksimalkan di tahun  2022, kita melakukan intervensi dengan berbagai macam program pengendalian banjir yang kita lakukan,” katanya.

Tentu lanjutnya ditengah terbatasnya kemampuan pembiayaan alokasi anggaran, apalagi diawal kepemimpinan dihadapkan persoalan pandemi Covid-19 yang akhirnya bisa dilewati bahkan mampu bangkit.

“Kita juga berhasil ditengah banyak daerah yang tidak mampu bangkit secara ekonomi, kita bisa meningkatkan PAD dari Rp 385 miliar menjadi Rp 717 miliar. Dari APBD Rp 2,7 triliun, hari ini kami umumkan dan persembahkan berkat kerja keras kalian semua para pejabat Pemkot Samarinda didukung penuh TNI, Polri, Kejaksaan, Pengadilan Negeri dan seluruh unsur Forkopimda termasuk dunia usaha, masyarakat sebagai penggerak kegiatan ekonomi, APBD dari Rp 2,2 triliun, hari ini secara administratif berjumlah Rp 3,9 triliun tapi secara faktual ada di angka Rp 4 triliun,” tegas Andi Harun bangga.

Menurutnya dengan peningkatan anggaran ini mereka bisa melakukan intervensi pengendalian banjir di Simpang Alaya, DI Pandjaitan, PM Noor, Gunung Lingai dan sekitarnya. “Sejak dua hari lalu diguyur hujan demikian deras, dimana daerah tadi biasanya menjadi langganan, Alhamdulillah berkat izin Allah SWT karena kekompakan kita semua sudah relatif bebas dari banjir. Tentu bebas murni belum,” tandasnya.

Dikatakannya, mereka juga melakukan pengendalian banjir hampir di semua kecamatan dan di tahun depan akan mulai memfokuskan di kawasan Sungai Kunjang dan sekitarnya.

“Kenapa kita lakukan secara bertahap, karena memang anggaran yang Rp 3,9 triliun baru kita capai pada tahun ini. Dan berbagai pekerjaan besar lainnya juga tidak kalah menuntut untuk kita selesaikan bersama-sama, seperti jalan-jalan lingkungan yang dibiayai OPD tekhnis dan sebagian lagi melalui Probebaya yang kita alokasikan 100 juta tiap RT setiap tahunnya,” katanya.

Dalam upacara ini juga dirangkai penyerahan panji keberhasilan pembangunan dari Pemprov Kaltim sebanyak 10 Panji diserahkan wali kota kepada OPD penerima panji. yang diterima Pemkot Samarinda pada HUT Pemprov Kaltim. Kemudian juga pemberian piagam-piagam penghargaan kepada kepala OPD. (*/pt)

 

Sumber Berita dan Foto: Diskominfo Kota Samarinda