Berita

Meriah! Festival KIM 2024 dan UMKM Fiesta Resmi Dibuka

  •   Hendra Saputra
  •   10 Agustus 2024
  •   3:51pm
  •   Berita
  •   539 kali dilihat

Makassar - Festival Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) 2024 yang dibarengi pula dengan kegiatan UMKM Fiesta resmi dibuka di Anjungan Pantai Losari, Jumat (09/09/2024) malam.

Event ini dibuka resmi dan ditandai dengan penabuhan gendang oleh Staf Ahli Menteri Bidang Sosial Ekonomi dan Budaya Kemenkominfo RI, R Wijaya Kusumawardhana didampingi Walikota Makassar yang diwakili Pj Sekda Makassar, Firman Hamid Pagarra, Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan, Muhammad Reza yang juga sebagai Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Makassar.

Dalam sambutannya, Wijaya Kusumawardhana menekankan bahwa KIM Fest merupakan mitra strategis Kemenkominfo dalam persebaran informasi publik. KIM berperan sebagai penghubung antara pemerintah dan masyarakat, meningkatkan literasi digital, serta memastikan aspirasi masyarakat terdengar dan informasi mengenai kebijakan serta program pemerintah tersampaikan dengan baik.

“Salah satu nilai penting dari KIM adalah berdiskusi dalam kesetaraan namanya komunitas," kata
Wijaya

Dia melanjutkan, KIM harus bisa menyampaikan kepada masyarakat informasi yang benar, akurat, dan bisa dipertanggungjawabkan.

"Tujuannya supaya masyarakat tahu bahwa info ini benar dan info ini hoax, sehingga diharapkan warga tidak mudah percaya terhadap informasi yang diterimanya," ujarnya lgi.

la pun berharap seluruh SDM KIM bisa lebih maju dan bisa memastikan aspirasi masyarakat dapat tersampaikan dan begitu pula sebaliknya.

Terlebih, menjelang pemilihan kepala daerah serentak pada November mendatang, Wijaya Kusumawardhana berharap KIM dapat berperan sebagai penetralisir informasi yang tidak akurat dan menjaga integritas demokrasi.

"Diarahkan dapat menjadi penetralisir bila ada kesimpangsiuran informasi terkait kebijakan program Pemerintah yang beredar di masyarakat yang dapat mengikis-mengikis nilai-nilai demokrasi” sambungnya.

Sejumlah kegiatan menarik turut memeriahkan kegiatan ini seperti penampilan spesial dari band UNGU, talkshow, kompetisi, pertunjukan band, penampilan seni tradisional, pertunjukan seni, dan berbagai pameran. (hend/dfa)