Berita

Malam Apresiasi KIM Festival 2024, Promosi IKN dan Penghargaan untuk Komunitas Informasi Masyarakat  

  •   Ceppy
  •   11 Agustus 2024
  •   12:32am
  •   Berita
  •   432 kali dilihat

 

Makassar - Ribuan pasang mata pengunjung Pantai Losari menjadi saksi kemeriahan malam penutupan Festival Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) 2024, yang digagas oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Sabtu (10/08/2024).

Festival yang berlangsung selama tiga hari (9-11 Agustus) ini menjadi wadah strategis untuk menggaungkan keberadaan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Provinsi Kalimantan Timur.

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kemenkominfo RI, Usman Kansong, menyampaikan bahwa pembangunan IKN dinilai sebagai langkah tepat oleh para pakar. Keberadaan IKN akan menciptakan pusat ekonomi baru yang dapat mengurangi kesenjangan antara wilayah barat dan timur Indonesia.

“Pakar menilai pembangunan di Indonesia selama ini terbilang Jawasentris. Kita memerlukan pusat ekonomi baru untuk mengurangi kesenjangan barat dan timur,” ujarnya.

Lebih lanjut, Usman menjelaskan bahwa IKN dirancang sebagai Kota Cerdas (Smart City) yang berkelanjutan dan inklusif, sehingga dapat dihuni oleh seluruh masyarakat Indonesia.

“Secara umum IKN akan mengantarkan Indonesia kepada kemajuan. Kita patut berterimakasih kepada Presiden Joko Widodo yang telah meletakkan dasar menuju Indonesia maju,” imbuhnya


Usman juga berharap KIM dapat menjadi mitra strategis dalam menggaungkan pembangunan di Indonesia secara umum dan di setiap daerah secara khusus. Keberadaan KIM sangat penting dalam menyosialisasikan berbagai kebijakan pemerintah pusat dan daerah.

“Selamat dan apresiasi setinggi-tingginya untuk para pemenang kompetisi dan seluruh KIM di Indonesia. Semoga terus menjadi mitra kolaborasi pemerintah dan jembatan informasi bagi masyarakat,” tutupnya.

 


Adapun Festival KIM tahun ini diikuti oleh 11 KIM dari 9 provinsi di Indonesia. Acara ini turut dihadiri oleh Walikota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto, Staf Ahli Menteri Kemenkominfo RI Bidang Sosial dan Budaya Wijaya Kusumawardana, Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Hasyim Gautama, serta Direktur Pemberdayaan Informatika Sepriana Tangkary.

Dari Provinsi Kalimantan Timur, hadir Kepala Bidang IKP dan Kehumasan Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kaltim Irene Yuriantini beserta jajarannya. (cpy/pt)

Berikut daftar pemenang dalam ajang KIM Festival 2024

Kategori UMKM:
KIM Dinamika Sinema Nusantara (DI Yogyakarta - Kabupaten Sleman)

Kategori Pariwisata:
KIM Desa Sani Sani (Sulawesi Tenggara - Kabupaten Kolaka)

Penghargaan KIM Transformatif:
KIM Tirto Gumitir (Jawa Timur - Kabupaten Jember)

Penghargaan KIM Inovatif:
KIM Racah Mampulang (Kalimantan Selatan - Kabupaten Balangan)