Berita

Kepekaan dan Kristis Kunci Utama Dalam Sebuah Konten

  •   Leliyana Andriyani
  •   19 Oktober 2021
  •   9:21pm
  •   Berita
  •   238 kali dilihat

 

Samarinda - Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Timur kembali mengadakan Webinar yang mengangkat tema "Strategi Komunikasi Pemerintah Daerah Dalam Pengelolaan Konten dan Media di Daerah dengan Materi Pengelolaan Konten dan Perencanaan Media Komunikasi Publik" bersama Dr.Emilia Bassar Selaku CEO CPROCOM (Center for Public Relations, Outreach and Communication) yang menyapa seluruh peserta baik yang mengikuti secara daring di Hotel Midtown Samarinda maupun yang berasal dari berbagai Kabupaten/Kota Se-Kaltim, Selasa (18/10).

Diskominfo Kaltim melihat kebutuhan konten memiliki andil besar dalam mengemas isi sebuah media sosial khususnya di dunia pemerintahan sehingga diperlukan pemahaman khusus yang membuat informasi dalam suatu konten menjadi menarik saat diunggah di media sosial.

"Bagaimana kita mau membuat konten kalau kita tidak melakukan monitoring ?,"tukas Emilia saat menjelaskan materi.

Ditambahkannya bahwa seseorang harus memiliki kepekaan terhadap masyarakat sehingga dibutuhkan suatu strategi komunikasi agar konten yang diinginkan dapat dihasilkan sesuai kebutuhan.

Adapun 6 strategi komunikasi yang dipalarkan dalam materi webinar yaitu riset untuk mengumpulkan data dan informasi, analisis situasi, pemetaan isu dan pemangku kepentingan, strategi komunikasi, implementasi program dan evaluasi.

Harapannya bahwa kedepan rasa kepekaan sosial dan pemikiran kritis dapat menjadikan seseorang menghasilkan konten bermutu sesuai dengan informasi yang diinginkan masyarakat. (LA)