Berita

Kaltim Siap Ikuti KIM Festival 2024

  •   Ceppy
  •   7 Agustus 2024
  •   2:35pm
  •   Berita
  •   401 kali dilihat

 

Samarinda – Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) asal Kalimantan Timur (Kaltim) akan kembali berkompetisi pada ajang KIM Festival yang akan digelar di Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan pada 9-11 Agustus mendatang.

Festival KIM 2024 ini digelar sebagai ajang penghargaan bagi KIM yang berprestasi serta memberikan ruang pameran bagi KIM terbaik dari setiap provinsi di Indonesia, yang terdisplay di stand - booth pameran.

Provinsi Kaltim kembali ikuti event tahunan KIM se-Indonesia ini. Diwakili oleh KIM Mutiara Borneo asal Kabupaten Kutai Kartanegara, Bumi Etam siap untuk adu inovasi pada salah satu kategori yaitu UMKM yang dilombakan dalam Festival tahun ini.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Kaltim, Muhammad Faisal mengatakan bahwa partisipasi Kaltim dalam KIM Festival 2024 merupakan kesempatan untuk menunjukkan potensi yang dimiliki oleh komunitas informasi di Kaltim.

“Kami sangat mendukung keikutsertaan KIM Mutiara Borneo dan berharap mereka dapat menampilkan inovasi dan kreativitas terbaik mereka, khususnya dalam kategori UMKM. Festival ini tidak hanya sebagai ajang kompetisi tetapi juga sebagai kesempatan untuk bertukar pengetahuan dan pengalaman dengan KIM dari berbagai daerah," ungkapnya.

Faisal juga menambahkan bahwa Diskominfo Provinsi Kaltim telah mempersiapkan berbagai dukungan untuk memastikan bahwa KIM Mutiara Borneo dapat tampil maksimal di festival tersebut.

Diharapkan dengan partisipasi ini, dapat semakin mendorong pengembangan UMKM di Kaltim serta memperkuat jaringan dan kolaborasi antara komunitas informasi masyarakat di seluruh Indonesia.

KIM merupakan mitra pemerintah yang strategis untuk penyebaran informasi, hingga ditekankan pada sisi pengelolaan dan pembinaan menjadi model digital.

Sedangkan, rangkaian kegiatan Festival KIM 2024 ini diisi dengan Kompetisi KIM, UMKM Fiesta, Pameran Kementerian - Lembaga dan Dinas Kominfo Provinsi seluruh Indonesia, dan berbagai hiburan yang akan berpusat di Anjungan Pantai Losari, Makassar. (cpy/pt)