Berita

Jokowi: Jalan Tol ke Kawasan Inti IKN Selesai Akhir 2024

  •   Khajjar Rohmah
  •   22 Februari 2023
  •   8:00am
  •   Berita
  •   1295 kali dilihat

Balikpapan - Dalam kunjungan singkatnya ke lokasi pembangunan jalan tol dari Balikpapan ke Kawasan IKN sore ini, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo 

(Jokowi) memastikan pembagunan jalan tol akan selesai pada 2024. 

Jokowi meninjau Proyek Tol IKN Segmen 3B Karang Joang - KKT Kariangau pada Rabu (22/2/2023) sore didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Kepala Otorita IKN Bambang Susantono, Gubernur Provinsi Kaltim, Isran Noor serta pejabat terkait lainnya.

Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) memang diproyeksikan terbangun pada 2024. Termasuk infrastruktur penunjangnya, Jalan Tol Balikpapan - IKN. 

“Jalan tol dari Balikpapan menuju ke kawasan inti yang jaraknya kurang lebih 40 kilometer ditempuh kurang lebih 30 menit dari Balikpapan sudah berjalan. Kondisi lapangannya kita bisa lihat,” jawab Presiden Jokowi ketika ditanya wartawan mengenai progress pembangunan jalan tol. 

Diharapkan Presiden RI ini, jalan tol menuju kawasan IKN akan menjadi infrastruktur pertama dalam rangka pembangunan KIPP IKN Nusantara.

“Kita harapkan ini menjadi infrastruktur pertama yang dibangun dalam rangka pembangunan Ibu Kota Negara Nusantara,” lanjut Jokowi.

Pembangunan Jalan Tol dari Balikpapan ke Ibu Kota Negara ini akan diselesaikan dengan target hingga tahun 2024. 

“Ini akan diselesaikan Insha Allah di tahun 2024 akhir,” kata Jokowi singkat.

Termasuk juga masalah pembebasan lahan. Dari keterangan Presiden sore ini, proses pembebasan lahan telah diselesaikan. 

“Pembebasan lahan juga sudah selesai. Hari ini tadi info pak Menteri sudah beres dan akan dibayar bulan Maret 2023,” jawab orang nomor 1 di Indonesia ini. (Mf/KRV/pt)