Berita

Isran Minta Manfaatkan Pangan Kaltim Yang Berlimpah

  •   Ade Putri
  •   21 Oktober 2021
  •   3:43pm
  •   Berita
  •   310 kali dilihat

Samarinda - Tantangan besar bagi bangsa ini untuk bersama-sama meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), salah satunya dapat dilakukan melalui peningkatan kualitas konsumsi pangan dengan pola konsumsi pangan yang beragam dan bergizi seimbang.

Gubernur Kaltim, Isran Noor mengatakan Pemerintah Provinsi Kaltim telah menetapkan berbagai kebijakan agar produksi serta produktifitas pangan terus meningkat dan memberi manfaat.

“Produksi pangan kita harus ditingkatkan dan terus dikedepankan, karena dari segi pasarnya Kalimantan Timur cukup besar, bahkan pasar regional dan pasar Nasonal,” ucap Isran saat membuka Festival Pangan Lokal, di Gedung PKK Kaltim, Kamis (21/10).

Isran menyebutkan untuk bahan pangan Kaltim terdapat banyak potensi karena memiliki lahan yang subur untuk hidupnya berbagai jenis tanam-tanaman.

“Bukan hanya tanaman, ikan pun banyak tersedia disini, ini merupakan sumber pangan yang besar untuk kita. Semua yang berlimpah ini harus dimanfaatkan untuk meningkatkan gizi dan protein untuk tubuh kita, serta bisa dimanfaatkan untuk diolah dan dijual,” tuturnya.

Mantan Bupati Kutim ini berharap dengan kegiatan Festival Pangan Lokal dapat menambah semangat UMKM untuk lebih mengembangkan usahanya.

“Serta saya berharap peserta dapat memunculkan maskot lunchbox, snackbox dan olahan pangannya menjadi trend menu konsumsi dan oleh-oleh dari Kaltim,” tutupnya.(ade/pt)