Berita

Idul Fitri 2023, Wagub Kaltim Jadi Khatib di Masjid Islamic Center Samarinda

  •   Rizky Yusuf
  •   22 April 2023
  •   3:59pm
  •   Berita
  •   736 kali dilihat

Samarinda - Gema takbir yang berkumandang memecahkan suasana keheningan Kota Samarinda menyambut Hari Raya Idulfitri 1444 Hijriah.

Mengenakan pakaian terbaiknya, warga Samarinda sejak pukul 06.00 WITA, Sabtu (22/4/2023)pagi berdatangan ke Masjid Islamic Center Samarinda (Baittul Muttaqin) membawa peralatan salat, setidaknya ribuan orang memadati masjid tersebut.

Bertindak sebagai khatib Salat Idulfitri,
Wakil Gubernur Hadi Mulyadi menyampaikan dalam khutbahnya untuk mengingat kembali perjuangan Nabi Muhammad SAW saat bulan Ramadhan.

Hal itu tertera dalam ayat suci Al-Qur'an;
"Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa." (QS. Al Baqarah: 183).

"Masih segar diingatan kita, perjuangan Rasulullah SAW bersama para sahabat yang istiqomah dijalan agama Allah SWT, hingga akhirnya turunnya perintah puasa, kemudian salat ini lah titik balik ketaqwaan hamba, dan kebesaran-Nya terlihat,"ujar orang nomor dua di Bumi Etam.

Dikatakannya juga saat Ramadan, umat muslim juga harus menghadapi kaum musyrikin yang dipimpin Abu Jahal dan pasukannya yang dikenal sebagai perang Badar.

"Meski saat itu sedang berpuasa, iman mereka teruji, namun Allah SWT ingin memperlihatkan atas kuasa-Nya dan izin-Nya, akhirnya peperangan dimenangkan kaum muslimin,"ujarnya.

Selain itu, di dalam bulan suci Allah melalui rasulnya juga memerintahkan kita sebagai umat muslim untuk mengeluarkan sebagian rezekinya atau dikenal sebagai zakat untuk membersihkan hartanya.

"Hari ini sekali lagi, dengan berat hati kita meninggalkan Ramadhan dengan kembali fitrah," sambungnya.

Untuk itu Hadi mengajak kepada seluruh umat muslim agar senantiasa bersyukur atas apa yang Allah berikan kepada kita. Menurutnya masih banyak negara-negara di belahan bumi lainnya seperti di Palestina, Arab, Afrika yang membutuhkan bantuan serta doa.

"Semoga ini semua menambah rasa syukur kita dan selalu mendoakan umat muslim kepada Allah SWT," tutup Hadi Mulyadi. (rey/pt)