Berita

Hasto: Stunting Turun, SDM nya Unggul

  •   resa septy
  •   21 Oktober 2021
  •   3:28pm
  •   Berita
  •   282 kali dilihat

Samarinda - Stunting turun, Sumber Daya Manusia (SDM) nya unggul, inilah yang dilontarkan Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Republik Indonesia, Hasto Wardoyo sebagai catatan kecil untuk Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur dalam mengatasi tingginya angka Stunting di Kaltim.

“Kaltim Stuntingnya masih 26%, sedangkan kita ingin menuju angka 14% di tahun 2024. Ini harus kerja keras. Saya sudah sampaikan ke Pak Gubernur, supaya stunting ini betul-betul diperhatikan,” ujar Hasto saat ditemui seusainya menyematkan penghargaan Manggala Karya Kencana di Pendopo Odah Etam, Kamis (21/10).

Hal menarik disampaikan Hasto ialah mengenai nilai tukar. Tingginya angka Stunting di Kaltim tidak sepadan dengan melimpahnya Sumber Daya Alam (SDA) yang dimiliki Kaltim secara keseluruhan. Menurutnya jika Kaltim ternama dalam hal ekspor SDA, maka seharusnya nilai Stunting rendah.

“Kalimantan Timur punya sumber daya alam, ya harus tidak Stunting. Kalau Sumber Daya Alam keluar, nilai tukarnya harus Sumber Daya Manusia. Stunting turun, SDM nya unggul itu nilai tukar yang pas sekali karena dua-duanya sama-sama bisa mensejahterakan rakyat,” urainya dengan tegas.

Selain itu, ia menambahkan dalam upaya menurunkan angka Stunting di Kaltim sangat diperlukannya Bapak Asuh. Program CSR pun dinilainya perlu untuk digerakkan. Sehingga terwujudlah SDM yang unggul sebagai modal besar Kaltim untuk mandiri terlepas dari SDA yang tak terbaharukan. (resa/pt)