Berita

Hasil Penilaian TMPI Diskominfo Kaltim Naik

  •   teguh p
  •   4 Juni 2021
  •   5:52am
  •   Berita
  •   988 kali dilihat

SAMARINDA - Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) mengumumkan hasil penilaian Tingkat Maturitas Penanganan Insiden (TMPI) Keamanan Siber Diskominfo Kaltim 2021 di Ruang WIEK, Jumat (4/6/2021).

"Rinciannya penilaiannya adalah Fase Persiapan 2,54, Fase Aksi 1,76, Fase Tindakan Lanjut 0,90, TMPI 1,73 dengan Indeks Kematangan Level 2," papar Kepala Sub Direktorat Penanggulangan dan Pemulihan Pemerintah Daerah Wilayah II BSSN, Agustinus Toad.

Level 2 yang diperoleh pada tahun ini merujuk pada sudah ada kebijakan atau prosedur yang terkait dengan manajemen insiden dan apabila terjadi insiden sudah ada proses yang diupayakan berjalan.

Hal yang perlu untuk dibenahi agar kedepan dapat lebih baik adalah melakukan peningkatan kompetensi staf secara berkelanjutan, baik dengan melaksanakan pelatihan teknis maupun sertifikasi yang berkaitan dengan keamanan siber, menyelenggarakan program sosialisasi, workshop atau simulasi penanganan insiden keamanan siber setiap tahun guna memberikan edukasi dan pamahaman terkait dengan keamanan siber.

Selanjutnya, melakukan penanganan insiden keamanan insiden keamanan siber berdasarkan prosedur yang telah ditetapkan serta mendokumentasikannya kedalam bentuk laporan penanganan insiden. Secara berkala hasil monitoring SIEM, Honeypat dan Ida kedalam bentuk laporan serta melakukan analisa ancaman.

Serta melakukan review berkala terhadap kebijakan, prosedur atau pedoman serta langkah penanganan yang sudah ditetapkan dan melakukan pengukuran tingkat kematangan penanganan insiden secara periodik.

Kepala Bidang TIK dan Persandian Diskominfo Kaltim, Dianto mengungkapkan rasa terima kasih kepada tim BSSN yang sudah berkenan hadir menilai TMPI Diskominfo Kaltim, kedepan akan kita launching nanti kita perlu koordinasi lagi untuk waktunya," harapnya. (tgh/pt)