Berita

Hasanuddin Mas’ud Apresiasi Torehan Prestasi Pemprov Kaltim Sepanjang 2022

  •   Khajjar Rohmah
  •   27 Januari 2023
  •   10:47am
  •   Berita
  •   272 kali dilihat

Samarinda – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalimantan Timur (Kaltim), Hasanuddin Mas’ud mengapresiasi sejumlah torehan prestasi yang dicatatkan pemerintah provinsi sepanjang tahun 2022.

Satu di antaranya adalah kemampuan Pemprov Kaltim menekan inflasi dan menaikkan pertumbuhan ekonomi hingga 3,11 persen. Di lini ekspor dan investasi, Kaltim tercatat sebagai yang tertinggi nomor dua di Indonesia, setelah Provinsi Jawa Barat (Jabar).

Kemampuan daerah ini menaikkan pajak penghasilan dari pajak kendaraan bermotor dan pajak lainnya juga menjadi hal yang patut diapresiasi.

“Alhamdulillah banyak prestasi yang bisa dicapai Kaltim selama 2022. Di bawah panji-panji kepemimpinan Isran Noor dan Hadi Mulyadi, Kaltim mampu menaikkan penghasilan daerahnya dari pajak kendaraan bermotor dan yang lain,” ujar Ketua DPRD Kaltim, Hasanuddin Mas’ud kepada awak media.

Dengan sejumlah capaian tersebut, tak heran jika wilayah yang didaulat sebagai lokasi Ibu Kota Negara (IKN) ini kemudian memiliki dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2023 menembus angka fantastis senilai Rp 17,2 triliun. Bahkan  total APBD Perubahan 2023, diprediksi mencapai Rp 20 triliun.

“Sebetulnya bukan hanya itu yang kita toreh di 2022. Kaltim juga mampu bertahan di masa Pandemi COVID-19 dan meningkatkan IPM (Indeks Pembangunan Manusia),” tambahnya.  

IPM Kaltim tahun 2022 tercatat sebesar 77,44 atau naik 0,56 poin dibanding IPM 2021 sebesar 76,88 dan berada di peringkat ketiga nasional.

Di sisi lain, pemegang palu Karang Paci ini juga memberikan sejumlah catatan penting meliputi, pendidikan, kesehatan dan infrastruktur jalan umum di wilayah utara.

“Karena dana kita masih tersedot pada kebutuhan lainnya. Mudahan 2023 ini pembangunan bisa lebih dimaksimalkan lagi untuk kesejahteraan semua masyarakat,” harapnya. (*/pt)

Sumber: KALTIMNEWS.CO