Berita

FX Yapan:  Perkenalkan Penyebutan Durian Kutai Barat

  •   pito
  •   12 Februari 2023
  •   1:43pm
  •   Berita
  •   764 kali dilihat

Sendawar- Durian Melak begitu sebutannya bagi penikmat durian ketahui selama ini. Namun, faktanya lebih tepat jika disebut Durian Kubar atau Durian Kutai Barat.


Hal tersebut dikatakan Bupati Kutai Barat, FX Yapan disela-sela Festival Durian Sendawar 2023, baru-baru ini.

“Kedepan ingin sosialisasikan penyebutan Durian Melak berubah menjadi Durian Kutai Barat. Sebab, sentra-sentra buah Durian ada dibeberapa wilayah. Diantaranya di kecamatan Long Iram, Nyuatan, dan sebagian kecamatan Damai dan daerah lainnya,” bebernya.

Yapan pun menceritakan kenapa disebut Durian Melak, karena Durian dari berbagai wilayah di Kubar dikumpulkan di Melak, tepatnya Pelabuhan yang ada di kecamatan Melak. Diangkut menggunakan kapal untuk dibawa ke daerah lain seperti Samarinda. Padahal Kecamatan Melak sendiri tidak ada pohon durian.

“Kita mulai menyebutnya dengan Durian Kutai Barat,”pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Kubar, FX Yapan menambahkan dengan adanya Festival Durian Sendawar 2023 selain menarik wisatawan untuk berkunjung ke Kubar, juga dapat memberikan semangat untuk melestarikan buah lokal di Kubar. Kualitas buah durian di Kubar tidak kalah dengan durian di daerah lain dan harga durian di Kubar relatif stabil.

“Durian bisa menjadi peningkatan pendapatan untuk masyarakatnya. Diharapkan buah durian bisa menjadi salah satu penghasil bagi masyarakat, sebab durian sangat cocok dengan kondisi iklim serta kelembaban di daerah tersebut,”katanya. (pt)

Foto: Prokopim Kutai Barat