Berita

DTI-CX 2024, Gali Potensi Indonesia Capai Ekonomi Global 2045

  •   Khajjar Rohmah
  •   31 Juli 2024
  •   12:06pm
  •   Berita
  •   433 kali dilihat

Jakarta - Event transformasi digital terbesar di Indonesia, Digital Transformation Indonesia Conference and Expo (DTI-CX) kembali digelar. Acara yang menjadi wadah bagi perkembangan digital di Indonesia ini, diselenggarakan berkat kerja sama antara Asosiasi Diskominfo Provinsi Seluruh Indonesia (ASKOMPSI), Masyarakat Telematika Indonesia (MASTEL), Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), serta PT Adhouse Clarion Event sebagai panitia penyelenggara.

Tahun ini, DTI-CX 2024 mengusung tema “Continuing the Journey: Sustainable Growth through Digital Transformation," yang akan menggali potensi Indonesia sebagai salah satu kekuatan ekonomi global pada tahun 2045 melalui transformasi digital.

DTI-CX 2024 berlangsung selama dua hari yakni 31 Juli dan 1 Agustus 2024. 

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Umum Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) Muhammad Arif menjelaskan, kegiatan ini akan menjadi platform bagi para praktisi dan pelaku usaha di bidang transformasi digital untuk saling bertukar ide dan gagasan terkait digitalisasi.

"Saat ini ada sekitar 1.105 perusahaan penyelenggara telekomunikasi di Indonesia. Ini menjadi sebuah gambaran bagaimana pertumbuhan transformasi digital sangat cepat dari yang saya bayangkan. Semoga ini bisa menjadi salah satu pengungkit kemajuan ekonomi dan daya saing bangsa," terang Muhammad Arif saat sesi Opening Ceremony DTI-CX di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Rabu (31/7/2024).

Prosesi opening ceremony DTI-CX 2024 ditandai dengan penandatanganan Piagam Percepatan Digial oleh Menkominfo, Budi Arie Setiadi. 

Beragam topik menarik akan dibahas dalam sesi konferensi dan diskusi paralel selama dua hari penuh. Di antaranya terkait pertumbuhan ekonomi digital, layanan jasa keuangan digital, pemerataan kebutuhan infrastruktur telekomunikasi, konsep smart city, dan berbagai topik menarik lainnya.

Selain itu, DTI-CX sebagai forum transformasi digital terbesar di Indonesia akan memberikan kesempatan bagi para peserta untuk berjejaring dan mengeksplorasi inovasi terbaru dalam transformasi digital dengan para pembicara terkemuka dari berbagai sektor. Peserta juga akan dapat menyaksikan berbagai teknologi digital yang dipamerkan oleh berbagai perusahaan IT terkemuka.

DTI-CX 2024 menghadirkan lebih dari 60 exhibitor, mulai dari system integrator, cyber security, IT enterprise solution, data management, cloud, AI, HR technology, serta produk dan layanan esensial lainnya yang dapat mensukseskan proses transformasi digital dalam skala lebih cepat dan besar.

Event DTI-CX juga dirangkai dengan ASKOMPSI Digital Leadership Government (ADLG) Award 2024. Seluruh perwakilan Diskominfo Provinsi Seluruh Indonesia juga hadir pada event akbar tersebut. (Krv/pt)