DPMPTSP & Disdukcapil Kota Samarinda Terima Penghargaan Dari Kemenpan RB
SAMARINDA – Pemerintah Kota Samarinda menerima Penghargaan Kinerja Pelayanan Publik Tahun 2020 yang diserahkan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Republik Indonesia.
Penghargaan tersebut diberikan kepada dua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Samarinda. OPD tersebut yakni Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) serta Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil). Penghargaan diserahkan oleh Sekretaris Daerah Prov Kaltim, Selasa (20/4/2021).
Kepala DPMPTSP Kota Samarinda, Jusmaramdhana Alus menyampaikan penghargaan tersebut merupakan penghargaan yang keempat kalinya secara berturut diraih.
Kinerja Mall Pelayanan Publik lanjut dia, tidak hanya menerima dan mengejar penghargaan saja. Akan tetapi pelayanan publik ini juga ramah terhadap kegiatan investasi dan pengembangan ekonomi kerakyatan, UMKM ekonomi kreatif, serta mendorong pertumbuhan ekonomi di Kota Samarinda. Menurutnya, pelayanan publik di bidang kependudukan juga semakin bagus dan cepat. Salah satu inti dari pelaksanaan kegiatan pemerintahan dan pembangunan menurut dia adalah pelayanan publik.
Berharap agar tahun depan pihaknya dapat terus meningkatkan pelayanan guna meraih pelayanan prima dengan fasilitas yang ada. Termasuk kelengkapan fasilitas penunjang yang ada di gedung baru nantinya di Jalan Pahlawan, Samarinda Ulu.
"Karena saat ini masih dalam keadaan pandemi, sebenarnya semua pelayanan tetap menjadi primadona. Namun kami lebih titik beratkan pada izin usaha, terlebih dalam konsep izin usaha kerakyatan dalam hal ini UMKM yang sifatnya bisa menunjang dalam masa pandemi saat ini," tuturnya.
Selain itu, Matilda Bidang Investasi DPMPTSP Kota Samarinda menambahkan kiatnya kami selalu berusaha meningkatkan Kinerja Pelayan Publik. Dimana memberikan pelayan yg terbaik kepada masyarakat dan menjaga nama baik Pemerintah Kota Samarinda
“Sejauh ini belum ada kendala yang berarti, mudah-mudahan kami bisa mempertahankan penghargaan yang kami raih. Semoga kami lebih baik lagi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” harap Matilda.
Sementara itu, Kepala Disdukcapil Samarinda, Abdullah mengatakan tujuan yang paling utama dalam pelayanan publik ini bukanlah penghargaan, melainkan bagaimana pihaknya memberikan layanan yang baik dalam artian cepat, tidak berbelit, dan akuntabel.
"Penghargaan kategori sangat Baik ini merupakan penghargaan ketiga kalinya sejak 2018 hingga 2020. Semoga ini menjadi berkah dan terus memacu kami untuk melakukan perubahan," beber Abdullah. (kmfsmd/pt)