Berita

Diskusi Pemuda Muhammadiyah Dengan Tema Peran Pemuda Di Era Digital

  •   Bagus Setiawan
  •   10 Februari 2022
  •   11:52am
  •   Berita
  •   1154 kali dilihat

Samarinda - Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Timur, diwakili Kepala Bidang Aplikasi dan Informatika (Aptika) Normalina menjadi narasumber di acara diskusi bertepatan Hari Pers Nasional dengan tema "Peran Pemuda Di Era Digital" yang di  selenggarakan Pemuda Muhammadiyah Kaltim, Jln Kadrie Oening, Rabu (9/2). 

 

Dalam pemaparannya Kabid Aptika mengemukakan tentang literasi digital positif, dimana pengguna internet di era saat ini kemampuan untuk memahami dan mendapatkan informasi sangat cepat melalui internet. 

 

Semakin besarnya ruang digital banyak konten-konten negatif terus bermunculan dan kejahatan di ruang digital terus meningkat, maka dari itu peran masyarakat untuk terus meningkatkan kecakapan digital melalui literasi digital agar tidak terprovokasi dengan konten negatif, hoax, dan sara . 

" Aman bermedia digital dan  paham keamanan digital merupakan yang harus dimiliki seorang individu dalam mengenali, mempolakan, menerapkan, menganalisis dan meningkatkan kesadaran keamanan digital dalam kehidupan sehari-hari," kata Normalina. 

 

Dalam memperoleh informasi  masyarakat diminta harus melakukan analisis atau mencari sumber yang dipercaya, agar penyebaran sebuah informasi bisa dipertanggungjawabkan. 

 

" Saring sebelum sharing" pesan Kabid Aptika. (Bgs/ty)