Berita

Diskominfo Kaltim Terus Sinergikan Transformasi Digital Guna Mendukung e-Government

  •   Sefty Wulandari
  •   23 Februari 2023
  •   7:56pm
  •   Berita
  •   557 kali dilihat

Diskominfo Kaltim Terus Sinergikan Transformasi Digital Guna Mendukung e-Government

Balikpapan – Forum Perangkat Daerah (FPD) Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) tahun 2023 merupakan wadah penampungan dan penjaringan aspirasi yang dapat menyempurnakan penyusunan Rencana Strategis (Renstra) tahun 2024 sampai dengan tahun 2026.

Kegiatan ini diikuti oleh Perangkat Daerah (PD) ingkup Kalimantan Timur, dan belangsung di Hotel Grand Senyiur, Balikpapan pada hari Kamis (23/02/2023).

Upaya mewujudkan birokrasi dengan pelayanan yang berkualitas turut dipaparkan oleh Kepala Diskominfo Kaltim Muhammad Faisal. Faisal menjelaskan perihal transformasi digital yang mana menurutnya tidak hanya menyangkut infrastruktur akan tetapi juga jaringan, bandwidth, keamanan dan SDM. Isu lainnya disampaikan oleh Faisal yakni perihal Satu Data yang mana befokus pada One Data antar PD di provinsi Kaltim yang akan segera diluncurkan.

“Ini sebagai penguatan informasi agar pemerintah daerah dapat mengimplementasikan kebijakan berbasis data. Kita harus segera memulai dan melaksanakan transformasi teknologi ini. ” jelas pria berkacamata ini.

Bersama dengan seluruh Bidang yang ada di Diskominfo Kaltim diantaranya Bidang IKP dan Kehumasan, Statistik, Aptika, TIK dan Persandian, Kadiskominfo dan jajarannya menyampaikan sejumlah pencapaian dan rencana program lanjutan kedepannya.

Birokrasi yang memiliki pelayanan publik berkualitas harus mendorong pengembangan profesionalisme aparatur guna meningkatkan aksesibilitas dan kemudahan layanan publik. Kegiatan ini diharapkan dapat membentuk pemahaman kerjasama yang baik untuk pembangunan Diskominfo Kaltim.

"Target-target kita kedepannya telah disusun dan dirancang dengan menyesuaikan indikator yang ditetapkan. Sebagian besar sudah berjalan, tidak pakai tunda-tunda. Kita inginkan transofrmasi teknologi e-government ini dapat terlaksana sesegera mungkin. Untukk itu, seluruh pihak harus bersinergi mewujudkannya bersama-sama" tegasnya.

Sesi diskusi pun berjalan dengan beberapa masukan dan saran, serta dialog. Acara ditutup dengan penandatanganan hasil kesimpulan dan kesepakatan pada FPD Diskominfo tersebut. (sef/pt)

Foto : Adding