Berita

Diskominfo Bontang  Koordinasi SP4N-LAPOR! dengan Diskominfo Provinsi Kaltim

  •   Nichita Heryananda Putri
  •   31 Agustus 2024
  •   7:44am
  •   Berita
  •   211 kali dilihat

 

Samarinda – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Kalimantan Timur menerima kunjungan dari Diskominfo Bontang dalam rangka koordinasi terkait kegiatan Sistem Pengelolaan Pengaduan Publik Nasional/Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N-LAPOR!),Jumat (30/8/2024).

Kunjungan ini dipimpin oleh Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Diskominfo Bontang, Siti Zulaiha, yang didampingi oleh dua Pranata Humas yang membidangi SP4N-LAPOR!.

Zulaiha mengungkapkan bahwa selain untuk berkoordinasi terkait kegiatan yang akan dilaksanakan oleh provinsi ke kabupaten/kota, pihaknya juga berkonsultasi mengenai rendahnya jumlah pengaduan yang masuk melalui aplikasi LAPOR!.

“Kita inginkan dengan adanya aplikasi LAPOR! masyarakat secara luas bisa mengadukan permasalahan yang dihadapi terutama layanan publik, sehingga kita bisa tahu apa yang harus diperbaiki. Namun di Bontang, jumlah pengaduan masih sedikit. Jadi kami ingin tukar pendapat dengan Provinsi seperti apa solusinya,” terangnya.

Di tempat yang sama, Pranata Humas Ahli Pertama, Mardiasih menekankan pentingnya sosialisasi yang lebih luas kepada masyarakat terkait SP4N-LAPOR!.

Menurutnya, dengan sosialisasi yang intensif, masyarakat akan lebih memahami adanya aplikasi yang disediakan oleh pemerintah untuk menampung pengaduan mereka.

"Sosialisasi rutin kepada masyarakat sangat penting agar mereka mengetahui dan memahami aplikasi ini. Namun, sebelumnya, perlu dilakukan penguatan terhadap admin dan pejabat penghubung, sehingga ketika masyarakat melakukan pengaduan melalui aplikasi, admin dapat segera meneruskan pengaduan tersebut ke instansi terkait sesuai dengan waktu yang telah ditentukan," jelas wanita yang akrab disapa Asih ini. (cht/pt)