Berita

Disambut Ribuan Kader, Jokowi Buka Muktamar Pemuda Muhammadiyah XVIII di Bumi Etam

  •   Khajjar Rohmah
  •   22 Februari 2023
  •   5:11pm
  •   Berita
  •   423 kali dilihat

Balikpapan - Kehadiran Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) disambut riuh tepuk tangan ribuan kader Muhammadiyah. Presiden ke-7 Indonesia ini hadir dalam Muktamar Pemuda Muhammadiyah XVIII yang dihelat di Balikpapan Sport and Convention Center (BSCC), Rabu (22/2/2023) siang.

Sebagai organisasi pelopor pembaharuan Islam di Indonesia, Jokowi berharap Muktamar Pemuda Muhammadiyah dapat menghasilkan agenda besar dalam program pembangunan bangsa.

"Saya menaruh harapan besar pada organisasi Pemuda Muhammadiyah. Mengapa? Karena pertama, Muhammadiyah ini punya nama besar sebagai organisasi Islam tertua di Indonesia. Dan kedua, pemuda adalah kekuatan besar bangsa kita. Dua kekuatan ini harus menjadi potensi pengungkit kemajuan bangsa," kata Jokowi dalam sambutannya di hadapan ribuan kader Pemuda Muhammadiyah se-Indonesia.

Mantan Wali Kota Solo ini menyebut, dari 280 juta penduduk Indonesia, jumlah pemuda pada rentang usia 15 hingga 30 tahun sebanyak 66,3 juta penduduk. Oleh sebab itu, para pemuda mempunyai peranan besar dalam melanjutkan perjalanan bangsa ke depan.

"Bonus demografi yang kita miliki ini, jangan sampai menjadi beban. Tapi harus menjadi modal untuk melompat tinggi agar Indonesia menjadi negara maju!" Tegas Jokowi membakar semangat para kader Muhammadiyah.

Pembukaan Muktamar Pemuda Muhammadiyah ke-18 di Balikpapan ditandai dengan prosesi pemukulan gendang oleh Jokowi didampingi beberapa pejabat negara, pimpinan daerah, dan Pengurus Pusat Muhammadiyah.

Jajaran Menteri Kabinet Indonesia Maju turut hadir membersamai Muktamar Muhammadiyah di Balikpapan. Di antaranya Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Sosial, Tri Rismaharini, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, dan Menteri Investasi Bahlil Lahadalia.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan KSAD Jenderal Dudung Abdurachman turut mengawal kunjungan Jokowi ke Bumi Etam kali ini. Tak kalah spesial, kehadiran Presiden kelima RI Megawati Soekarno Putri menambah kesan pada pelaksanaan Muktamar Pemuda Muhammadiyah di serambi IKN.

Sementara tuan rumah kegiatan, Gubernur Kaltim Isran Noor, Wagub Hadi Mulyadi, dan Wali Kota Balikpapan Rachmad Mas'ud juga turut menyambut kehadiran sang Presiden dan para jajaran pejabat negara di Kota Beriman. (KRV/pt)