Berita

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Mahakam Ulu Jalin Kemitraan dengan Kantor Bahasa Provinsi Kaltim

  •   Hendra Saputra
  •   11 Februari 2023
  •   9:23am
  •   Berita
  •   610 kali dilihat

Long Melaham – Kantor Bahasa Provinsi Kalimantan Timur mengunjungi Long Melaham yang berada di wilayah Kabupaten Mahakam Ulu. Kunjungan tersebut guna koordinasi mengenai Pelindungan Bahasa Daerah dengan Mitra Kerja dalam Rangka Revitalisasi Bahasa Daerah (RBD) 2023, khususnya bahasa Kenyah di Kabupaten Mahakam Ulu, baru-baru ini.

Berdasarkan hasil koordinasi antara Kantor Bahasa Provinsi Kaltim dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Mahakam Ulu, kegiatan RBD akan dilaksanakan di tiga wilayah, yakni Datah Bilang, Rukun Damai, dan Batu Majang. 

Samson Batang selaku Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Mahakam Ulu, menyambut baik dan akan segera melakukan koordinasi dan persiapan untuk menyukseskan RBD 2023 tersebut agar bahasa daerah di Mahakam Ulu dapat terus berkembang dan kembali digemari generasi muda.

Kesempatan koordinasi RBD tersebut juga dimanfaatkan untuk mendiskusikan berbagai persoalan pendidikan di Kabupaten Mahakam Ulu dan upaya yang dapat dilakukan dengan dukungan dan bantuan Kantor Bahasa Provinsi Kaltim.

Menanggapi hal tersebut, Ali Kusno perwakilan dari Kantor Bahasa provinsi Kalimantan Timur menjelaskan, terkait keperluan bahan bacaan, Kantor Bahasa akan membantu berkoordinasi dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Kalimantan Timur dan Komunitas Literasi agar dapat dibantu dengan bahan bacaan dan sarana pendukung lainnya.

Dalam hal itu juga, lanjutnya Kantor Bahasa Provinsi Kaltim sudah mendapat konfirmasi dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kaltim akan menyerahkan bantuan ke Kabupaten Mahakam Ulu sejumlah 1.400 eksemplar (700 judul) yang akan didistribusikan ke Long Apari, Mahakam Ulu, yakni Long Pananeh II, Long Penaneh III, dan Long Apari. Mendapat informasi tersebut Dinas Pendidikan Mahakam Ulu menyambut baik dan sangat berterima kasih.

Di tempat yang sama Aminuddin Rifai perwakilan dari Kantor Bahasa Provinsi Kaltim menambahkan, Kantor Bahasa Provinsi Kaltim siap bermitra dan mememberikan pendampingan pengembangan kamus dan tata bahasa daerah sebagai penunjang muatan lokal yang akan segera diterapkan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Mahakam Ulu.

“Kami juga memiliki layanan Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI). Khusus bagi siswa, program ini gratis. Kami berharap Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Mahakam Ulu dapat memfasilitasi dan mengoordinasikan siswa untuk mengikuti UKBI,” tambah Pandu Pratama. (hend/pt)

#kantorbahasakaltim
#revitalisasibahasadaerah
#mahakamulu