Berita

BPSDM Provinsi Kalimantan Timur Gelar Pelatihan Pelayanan Publik Berbasis IT

  •   Hendra Saputra
  •   6 Agustus 2024
  •   7:50pm
  •   Berita
  •   238 kali dilihat

Samarinda - Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Kalimantan Timur mengadakan pelatihan mengenai Pelayanan Publik Berbasis IT untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur. Acara ini berlangsung pada Selasa, 6 Agustus 2024, bertempat di Gedung Kelas B BPSDM Provinsi Kalimantan Timur, Jl. H.A.M.M. Rifaddin No.88, Samarinda.

Dalam pelatihan tersebut, salah satu pemateri adalah Fahmy Asa, Pranata Komputer Ahli Muda dari Diskominfo Kaltim. Fahmy membahas tentang pentingnya digital mindset dalam pelayanan publik, sebuah konsep yang merujuk pada sikap dan perilaku yang diperlukan untuk beradaptasi dan berkembang di era data, algoritma, dan kecerdasan buatan (AI).

Fahmy menjelaskan bahwa digital mindset memiliki berbagai manfaat, termasuk membantu adaptasi di era digital, mendorong inovasi dan eksperimen, pengambilan keputusan berbasis data, pembelajaran keterampilan baru, pengembangan literasi digital, serta membangun budaya belajar dan kolaborasi.

Dalam konteks pelayanan publik, Fahmy menekankan bahwa digital mindset memungkinkan layanan publik yang dapat diakses kapan saja dan di mana saja, integrasi layanan yang lebih baik, otomatisasi proses administratif yang mengurangi waktu dan biaya, serta pemanfaatan teknologi untuk inovasi dan kecepatan layanan. (hend/dfa)