Berita

Berikan Pesan di Ajang Pemilihan Puteri Indonesia Kaltim, Faisal: Etika dan Public Speaking Tak Kalah Penting

  •   Sefty Wulandari
  •   31 Januari 2023
  •   11:07am
  •   Berita
  •   727 kali dilihat

Berikan Pesan di Ajang Pemilihan Puteri Indonesia Kaltim, Faisal: Etika dan Public Speaking Tak Kalah Penting

Samarinda – Top 12 Finalis Puteri Indonesia Kaltim secara resmi diumumkan. Kontes bergengsi di Benua Etam ini digelar kurang lebih sepekan. Para finalis terpilih ini berasal dari berbagai macam latar belakang. Mulai dari mahasiswa, fresh graduate, pembawa acara berita, content creator, hingga atlet.

Ada beberapa poin yang harus diperhatikan ketika menjadi seorang Puteri, yakni Brain, Beauty, and Behavior. 3 poin ini jadi kualitas dalam diri seorang wanita. Brain disini memiliki arti yaitu kemampuan berpikir yang juga meliputi penguasan wawasan atau pengetahuan. Beauty, mengandung makna yakni penampilan yang rupawan, dan Behavior dimaksudkan berupa sikap yang harus dimiliki para finalis.

Namun, 3 kualitas diri ini saja tidak cukup. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Kaltim Muhammad Faisal menambahkan bahwa etika dan public speaking tak kalah penting untuk dimiliki keduabelas kontestan ini.

“ada 2 hal yang tidak kalah penting dan menjadi kunci keberhasilan. 2 poin pelengkap ini yaitu Etika dan Public Speaking. Etika itu catatan yang paling penting. Itulah mengapa, bahkan di ajang Internasional sekalipun, finalis Indonesia unggul daripada Negara lainnya karena etika, dan keramahan kita” ujar Faisal pada malam Opening and Welcome Dinner Pemilihan Puteri Indonesia Kaltim, Senin (30/01) malam.

Faisal pun menambahkan sehebat dan semahir apapun finalis dengan kualitas dirinya bila tidak dibersamai dengan kemampuan Public Speaking yang baik, akan kurang dapat memberikan kesan bagi khalayak.

“tidak perlu berlebihan, yang penting dapat menjelaskan dengan baik pesan yang ingin disampaikan. Dapat memainkan gesture, intonasi, dan pembawaannya yang baik sehingga meninggalkan kesan bagi para pendengar. Dengan kualitas diri itu diharapkan dapat menunjang kompetensi yang dimiliki masing-masing finalis. Terakhir, Faisal pun berpesan kepada para generasi wanita Benua Etam ini agar dapat dengan maksimal dan percaya diri membuktikan kemampuan dirinya." imbuhnya.

“harus percaya diri. Semoga ini dapat menjadi insight baru bagi para finalis. Semangat!” tutupnya. (sef/pt)

Foto : Adding