Berita

Apel Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) Tahun 2023

  •   Hendra Saputra
  •   26 April 2023
  •   5:14pm
  •   Berita
  •   616 kali dilihat

Samarinda - Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Provinsi Kaltim Agus Tianur, memimpin Apel Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) yang diperingati setiap tanggal 26 April dilingkungan kantor BPBD Provinsi Kaltim, Rabu (26/4/2023).

Dalam Sambutannya Kalaksa BPBD Kaltim, Agus Tianur menjelaskan berharap jajaran BPBD Provinsi/Kab/Kota di Provinsi Kaltim dapat terus berkoordinasi dengan instansi/institunsi/lembaga/organisasi terkait dalam upaya penanggulangan bencana.

Adapun Praktik baik lainnya dalam mitigasi bencana dapat dikembangkan melalui kegiatan berbasis komunitas, seperti kampung siaga bencana, masyarakat peduli api, wartawan peduli bencana, balakarcana, dan saat ini yang dilakukan oleh pemerintah Provinsi Kaltim yaitu melalui Desa/ Kelurahan Tangguh Bencana (DESTANA) yang hingga saat ini telah terbentuk 42 DESTANA yang tersebar di 9 kab/kota di kaltim.Pada Tahun 2023 ini direncanakan DESTANA  yang akan dibentuk, serta beberapa organisasi lembaga masyarakat lainnya.

"Saya berkeyakinan dengan upaya yang kita lakukan bersama-sama, berkolaborasi, bersinergi dan selalu berkoordinasi untuk mengantisipasi bencana (pra bencana, saat kejadian dan pasca bencana) hasilnya akan memuaskan," harap Agus Tianur

Usai apel Hari Kesiapsiagaan Bencana(HKB) kepala Pelaksana BPBD Kaltim, memberikan cindera mata kepada relawan Samarinda dan TIM TRC BPBD Prov. Kaltim melakukan simulasi Penanganan bencana Tanah Longsor dan Penanganan Medis. Hal ini dilakukan bertujuan untuk edukasi tanggap darurat.

Kegiatan ini diikuti oleh Sekretaris BPBD Prov. Kaltim, Yasir, Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Trena Rasono, Kabid Rehabilitasi dan Rekontruksi, Andil Wahyudi, Pejabat Fungsional, Pegawai ASN, Pegawai Non-ASN dan Relawan Samarinda. (hend/pt)

Sumber : BPBD Kaltim