Berita

Akan Dibuka oleh Presiden, Muktamar Pemuda Muhammadiyah XVIII Dihadiri 1.200 Peserta

  •   Khajjar Rohmah
  •   21 Februari 2023
  •   2:51pm
  •   Berita
  •   869 kali dilihat

Balikpapan – Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) menjadi tuan rumah penyelenggaraan Muktamar Pemuda Muhammadiyah ke-18 tahun ini. Tepatnya di Kota Beriman, Balikpapan.  Pelaksanaan Muktamar Pemuda Muhammadiyah dilaksanakan selama empat hari, sejak 21-24 Februari 2023.

Ketua Pemuda Muhammadiyah Kaltim, Muhadi Sucipto mengatakan agenda Muktamar ini akan dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo (Jokowi). RI-1 dijadwalkan hadir pada hari kedua, Rabu (22/2) pukul 13.00 WITA untuk membuka agenda Muktamar.

“Malamnya, insha Allah juga akan dihadiri oleh Menteri BUMN, Erick Thohir dan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan,” kata Muhadi kepada Tim Liputan Diskominfo Kaltim melalui sambunga telpon, Senin (20/2/2023).



Muktamar Pemuda Muhammadiyah XVIII tahun ini membawa tema “Pemuda Negarawan, Harmoni Memajukan Indonesia”.  Diperkirakan sebanyak 1.200 peserta dari kader Pemuda Muhammadiyah yang terdiri dari 112 Pengurus Pimpinan Daerah dari 34 provinsi dan 512 kabupaten/kota akan hadir dalam Muktamar di Kota Beriman.

Agenda Muktamar diawali dengan kegiatan Tanwir Pra Muktamar, dilanjutkan dengan sidang pleno. Di samping itu, kegiatan ini juga akan diisi dengan seminar nasional Menggagas Indonesia Baru bersama Gubernur Jawa tengah, Ganjar Pranowo dan Ketua Umum KADIN Indonesia, M. Arsjad Rasjid.

Puncak Muktamar Pemuda Muhammadiyah XVIII akan ditutup pada Jumat (24/2/2023) dengan pembacaan keputusan Induk Muktamar ke-18 oleh presidium sidang terkait penetapan Ketua Umum Terpilih Pimpinan Pusat (PP) Pemuda Muhammadiyah periode 2023-2026. (KRV/pt)