Berita

76 Tahun Peristiwa Merah Putih Sangasanga Diperingati dengan Khidmat

  •   Sefty Wulandari
  •   27 Januari 2023
  •   1:30pm
  •   Berita
  •   698 kali dilihat

76 Tahun Peristiwa Merah Putih Sangasanga Diperingati dengan Khidmat

 Kutai Kartanegara - Meski diguyur hujan, pelaksanaan Peringatan 76 tahun Peristiwa Merah Putih Sangasanga tetap berlangsung khidmat. Momentum menilik kilas balik sejarah perjuangan para pahlawan dan jasanya itu, diperingati dengan Upacara Bendera, Ziarah dan Tabur Bunga hingga aksi teatrikal.

 Dipimpin oleh Wakil Gubernur Kalimantan Timur H. Hadi Mulyadi selaku inspektur upacara, peringatan hari bersejarah tak hanya bagi warga Kaltim, namun juga Indonesia ini, dilaksanakan di lapangan bola PT Pertamina Hulu Energi Indonesia Zona 9 Sangasanga Kabupaten Kutai Kartanegara, Jum’at (27/01/2023).

 “Merdeka!,” seru Wagub Hadi Mulyadi diikuti oleh seluruh peserta upacara.

 Ribuan pasang mata dengan seksama mendengarkan amanat dari orang nomor dua di Benua Etam. Meski terkendala cuaca hingga putusnya tali sang Saka Merah Putih, namun tidak mengurangi kesakralan momentum tahunan ini.

 Apresiasi diberikan, hingga pesan-pesan pun tak lupa disampaikan. Dalam kesempatan tersebut Hadi mengajak kepada seluruh warga untuk tidak melupakan sejarah di Kota Juang. Terutama kepada generasi muda yang menjadi tunas baru untuk masa depan.

 “Telah terjadi peristiwa heroik di tempat ini. Peristiwa Merah Putih yang telah menggugurkan banyak pejuang. Sejarah yang tidak boleh kita lupakan, terutama untuk para generasi muda agar semangat perjuangan ini dapat ditularkan dan menjadi motivasi untuk menjadikan Indonesia sebagai negara yang berdaulat,” ujar Hadi.

 Karena itu, lanjut Hadi dengan bersama-sama ia mengajak seluruh pihak untuk membangun Sangasanga sebagai kota Sejarah dan kota Perjuangan. Dirinya juga berpesan untuk terus menjaga nasionalisme dan spirit menjaga keutuhan negara Republik Indonesia.

 “Bangsa yang besar, harus menghargai jasa para pahlawan. Para pendahulu dan pahlawan harus dikenang. Terutama teladan semangat dan jiwa patriotisme juga nasionalisme mereka tidak boleh terkikis dan luntur,” pesannya.

 Nampak hadir membersamai peringatan hari bersejarah ini, Pangdam VI/Mulawarman, Korem 091/  Aji Sirya Natakesuma, Kapolda Kaltim, Ketua DPRD Kaltim, Forkopimda Kaltim, Kejaksaan Tinggi Kaltim, Bupati Kutai Kartanegara, Veteran, Pelajar, dan Jajaran tamu undangan, serta seluruh masyarakat. (sef/pt)

Foto : Adding